Bahasa Inggris Saya Setaraf Steven Gerrard. Sialan!

27 Nov 2012

I Name… Eh Me Name Budiono’, Kata saya. Kontan saja ucapan saya dalam bahasa Inggris itu jadi bahan tertawaan teman-teman saya yang lain. ‘My name’, demikian koreksi Bu Marty Morisson.

Itulah kisah berapa belas tahun lalu, ketika saya berguru Bahasa Inggris dengan Bu Marty. Bu Marty warga Negara Australia. Dia adalah istri mantan Dubes Australia untuk Indonesia, Bill Morisson. Bill kemudian menjadi Menteri Pertahanan Australia.

Hingga saat ini, jika bertemu dengan teman-teman lama saya itu, ‘I name… Me name’ itu selalu menjadi bahan olok-olok. Meski saya tahu, beberapa dari mereka, bahasa Inggrisnya jauh lebih buruk ketimbang saya. Tak apalah.

Nah, dalam sebuah kesempatan saya pergi ke London, saya menginap di rumah sahabat saya, Dalipin. Pada suatu petang, saya menonton wawancara khusus Kapten kesebelasan Liverpool, Steven Gerrard di sebuah stasiun televisi. Gerrard berkali-kali mengatakan ‘Me Mom’ bukannya My Mom untuk menyebut ibunya. Setidaknya 3-4 kali dia mengatakan Me Mom.

Semula saya kira Gerrard salah ucap. Lalu kepada Dalipin saya bertanya, mengapa Gerrard mengatakan Me Mom dan bukannya My Mom. ‘Iya, Gerrard sering kali mengatakan Me Mom’, jawab Dalipin. Dan orang Inggris, menurut Dalipin, paham dengan apa yang dikatakan Gerrard dan tak pernah berusaha mengoreksi Me Mom menjadi My Mom.

Dalipin adalah salah satu saksi mata ketika saya membuat kesalahan dengan mengatakan Me name. “Jadi Pak Budi, bahasa Inggris-mu setarap kan dengan Steven Gerrard”, kata Dalipin terkekeh-kekeh. Sialan!


TAGS


-

Author

Saya Budiono Darsono, salah satu founder detikcom. Founder yang lain adalah Abdul Rahman, Didi Nugrahadi dan Yayan Sofyan. Saya lahir di Semarang, 1 Oktober 1961.

Follow Me